Senin, 18 Maret 2013

GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA



1.       Pengertan Globalisasi
a.       Menurut Para Ahli:
Ü  John Huckle
Globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan, dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.
Ü  Albrow
Globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini diinkorporasiakan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global.
Ü  Michael Haralambas
Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat dunia untuk mengikuti system yang sama.
Ü  Martin Holbron
Globalisasi adalah suatu proses yang di dalamnya batas – batas Negara luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan sosial.
Ü  Priyono Tjiptoherijanto
Konsep globalisasi pada dasarnya mengacu pada pengertian ketiadaan batas antar Negara (stateless).
Ü  Mohammad Amin Rais
5 definisi luas tentang globalisasi yang dikutipnya dari pendapat Jan Aart Scholtc sebaga berikut :
1)      Globalisasi sebagai internasional yakni dilihat sebagai kegiatan antar Negara sehingga terjadi saling tukar dan saling ketergantungan internasional terutama menyangkut modal dan perdagangan
2)      Globalisasi sebagai liberalisasi yakni proses pemusnahan restriksi politik sehingga ekonomi dunia menjadi lebih terbuka dan tanpa batas.
3)      Globalisasi sebagai universalisasi informasi, komunikasi dan transportasi serta berbagai kegiatan masyarakat dunia lainnya.
4)      Globalisasi sebagai westernisasi atau modernisasi yakni merebaknya keseluruh dunia sruktur modernitas barat yang menyangkut kapitalisme, rasionalisme, industrialisme, birokratisme, dan lain sebagainya yang cenderung merusak lokal yang sudah ada lebih dulu.
5)      Globalisasi sebagai deteritorialisasi dimana terjadi rekonfigurasi, geografi sehingga ruang sosial tidak lagi dipetakan berdasarkan pada peta teritorial jarak dan batas teritorial.
b.      Menurut Kamus
Ü  Kamus bahasa Inggris Longman Dictionary of Contemporary English
Mengartikan global dengan concering the whole earth maksudnya adalah  masalah kejadian, kegiatan, atau sikap yang berpengaruh dalam kehidupan luas yang berkaitan dengan dunia, internasional, atau seluruh alam jagat raya.
Ü  Kamus besar bahasa Indonesia
Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
c.       Dalam berbagai perspektif
Ü  Bank dunia (world Bank)
Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakasai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari Negara-negara lain.
Ü  Ekonomi
Globalisasi adalah proses pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sebuah system ekonomi global.
                Globalisasi adalah suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspeknya ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan lebih besar.

0 komentar:

Poskan Komentar