Sabtu, 06 April 2013

Tips Mengolah Blog Dengan Baik



Bagi kita Para Blogger, Cara mengelola blog harus bisa kita kuasai dalam proses belajar marketing online, karena blog ibarat sebuah media komunikasi separti Koran, radio, maupun televisi, dimana jumlah pembaca/pendengar/penonton merupakan factor terpenting untuk menentukan Kualitas dan populeritas Blog.

Berikut adalah cara mengelola blog agar blog baik :

1. KONTEN atau ISI
Konten atau isi merupakan faktor terpenting dalam upaya untuk mengelola blog, karena sebenarnya yang menjadi produk bagi sebuah blog adalah informasi. Untuk menjadikan blog anda menarik konten blog haruslah memenuhi kriteria sebagai berikut:
- Konten Yang Informatif
Buatlah tulisan yang memberikan nilai informasi dan gampang untuk dimengerti. Hindari membuat tulisan yang nga jelas maksud dan tujuannya, ibaratkan blog anda sebagai sebuah taman yang sejuk dan membuat orang betah berlama-lama didalamnya.
- Konten yang Orisinil dan Menarik
Buat artikel yang benar-benar berasal dari buah pemikiran anda dan merupakan pengalaman pribadi anda sendiri (bukan hasil dari copy paste karya orang lain) seperti kebanyakan blog ini. Dalam pembahasan cara mengelola blog kali ini saya sangat menyarankan anda berlatih untuk membuat artikel sendiri dan jangan terburu-buru untuk membeli artikel-artikel unik yang sering dilakukan para master dalam menjalankan bisnis onlinenya.
- Konten Yang selalu Up to date
Memang tidak bisa di bantah lagi, bahwa konten yang terbaru dan terupdate adalah konten yang di buru oleh pengunjung untuk mendapatkan info2 yang terbaru terkini. Ini  akan dapat mendatangkan banyak visitor untuk blog anda. Baca pada postingan Cara mengatur agar blog selalu terupdate.
- Konten yang Berbobot
Jika konten atau artikel yang hendak anda tawarkan memiliki kesamaan dengan artikel orang lain, berusahalah agar artikel yang anda buat itu memiliki nilai tambah. Artinya artikel anda harus lebih lengkap dalam mejelaskan sesuatu, dengan informasi tambahan berupa kronologis, latar belakang ataupun historis tentang hal tersebut, hal ini menjadi sangat penting dalam cara mengelola blog.
- Konten Yang Bermanfaat
Artikel yang anda buat akan sangat berarti buat orang lain jika didalamnya terdapat pembahasan tentang suatu masalah dan memberikan solusi yang baik dan tepat. Usahakan untuk selalu membuat artikel yang memiliki klimaks dan antiklimaks. Jika blog anda menyajikan informasi yang dibutuhkan pengunjung otomatis blog anda akan sangat mudah untuk menjual (ingin tahu cara menghasil uang dari blog baca disini).
2. DESAIN (TAMPILAN BLOG)
Jika blog anda telah memenuhi kriteria yang baik tentang konten atau isi, akan semakin komplit jika didukung tampilan desain tema blog yang sesuai dengan topik blog kita.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan terkait dengan desain (tampilan blog) dalam hal cara mengelola blog antara lain:
- Tata letak (Layout)
- Themes

Untuk model dan jenisnya sendiri desain(Tampilan) sebuah blog/web sangat banyak bisa anda dapatkan diinternet secara gratis. bagi anda yang ingin bekerja sebagai seorang profesional di bidang internet marketing, publisher, atau enterpreneur dalam cara mengelola blog ini, sangat disarankan agar anda menggunakan desain web (themes) yang berbayar. Karena dengan desain web yang berbayar pengunjung anda akan menghormati anda sebagai profesional dan tentunya hal itu akan menghilangkan rasa ragu dihati mereka tentang kekurangan-kekurangan produk yang anda tawarkan.

selain itu themes yang berbayar tentu akan jauh lebih baik dari segi apapun karena dirancang khusus untuk bisa menjadi penarik dan menjamin terjadinya penjualan bisnis.

Demikianlah hal pokok yang perlu anda perhatikan agar menghasilkan sebuah blog yang berkualitas. mungkin dari cara mengelola blog di atas ada yang ingin menambahkan silahkan luangkan di kolom komentar di bawah.


4 komentar:

Obat Jerawat mengatakan...

Terimakasih banyak atas informaisnya

Aulia Shita Nareswara mengatakan...

okee

Kaos Remaja mengatakan...

Oke betul sekali,, isi blog hrs berbobot dan bermanfaat... agar blogy rame dikunjungi

selimut mengatakan...

bikin konten blognya itu lho yg ngga gampang...

Posting Komentar